Subscribe to Wordpress Themes Demo
KOPMA STAIN Watampone

________________________________________
Sejarah Singkat Berdirinya KOPMA
Koperasi Mahasiswa (KOPMA) STAIN Watampone, lahir atas dasar ide dan prakarsa beberapa aktivis mahasiswa dan unsur dosen yang memandang perlu adanya satu wadah peningkatan kesejahteraan mahasiswa. Oleh karena itu, kehadiran sebuah Koperasi Mahasiswa merupakan hal yang sangat penting untuk direalisasikan. Pemikiran tersebut merupakan latar belakang berdirinya Koperasi Mahasiswa (KOPMA) di STAIN Watampone. Tepat pada tanggal 21 mei 1996 Koperasi Mahasiswa Syari’ah IAIN Alauddin resmi didirikan. Dengan dihadiri oleh 44 mahasiswa(i) yang kemudian menjadi anggota pertama dan diprakarsai beberapa orang pendiri yaitu Drs. Syarifuddin Latif, Mariana, Abdurrahim, dan Muh. Fauzan.
Dengan berbekal semangat dan keuletan, halangan dan rintangan tidak mereka rasakan untuk mengembangkan KOPMA kedepan. Hingga pada akhirnya pengurus pada periode pertama dibentuk dan diketuai oleh saudara Kamaluddin. Setelah satu tahun kepengurusan berjalan terjadi perubahan status di kalangan Kampus. Dari IAIN Alauddin Makassar menjadi STAIN Watampone. Maka KOPMA berganti nama dari KOPMA Syari’ah IAIN Alauddin menjadi KOPMA STAIN Watampone yang kemudian eksis hingga sekarang.
Landasan, Asas dan Tujuan
1. KOPMA STAIN Watampone berdasarkan Pancasila dan UUD 1945
2. KOPMA STAIN Watampone berdasarkan asas kekeluargaan dan Gotong royong
3. Tujuan KOPMA STAIN Watampone:
• Membangun dan mengembangkan potensi ekonomi anggota dan memajukan kesejahteraan anggota
• membangun tatanan perekonomian nasional
• Membangun/menciptakan kader yang mampu berwira usaha
Visi KOPMA STAIN Watampone
Menjadi Koperasi yang berorientasi pada anggota sebagai badan usaha yang mandiri dan tangguh sekaligus sebagai wahana pembangun usaha dan pengkaderan kewira koperasian
Misi KOPMA STAIN Watampone
Menjadi badan usaha yang berbasis pada partisipasi anggota sebagai strategi pengembangan KOPMA yang dinamis, kompetitip, dan mensejahterkan anggota guna mewujudkan kader yang handal baik segi wira koperasi maupun wira usaha, sehingga dapat membangun kehidupan masyarakat pada umumnya dan anggota pada khususnya.

1 komentar:

Hery Prasetyo mengatakan...

wah para mahasiswa yang mendirikannya ya... semoga sukses selalu untuk mahasiswa STAIN Watampone...

Posting Komentar